RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(BELAJAR DI RUMAH)
Guru Mapel : Hariyati, S.Pd
Mapel : IPA
Kelas : VII (Tujuh)
Waktu : Jumat, 03/04/2020 _ 09.30-11.30
RINGKASAN MATERI
- Pencemaran lingkungan merupakan satu dari beberapa faktor yang dapat memengaruhi kualitas lingkungan. Baik berupa bahan-bahan fisika maupun kimia yang dapat mengganggu keseimbangan ekosistem
- Menurut UU RI Nomor 23 Tahun 1997, pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, at, energi, dan/atau komponen lain ke dalam lingkungan hidup oleh kegiatan manusia sehingga kualitasnya turun sampai ke tingkat tertentu menyebabkan lingkungan hidup tidak dapat berfungsi sesuai dengan peruntukannya.
- Pencemaran lingkungan di klasifikan menjadi : 1. Pencemaran Air, 2. Pencemaran Udara dan 3. Pencemaran Tanah. Pertemuan hari ini hanya membahas tentang Pencemaran Air
- Pencemaran air yaitu masuknya makhluk hidup, at, energi atau komponen lain ke dalam air. Akibatnya, kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya.
- Faktor penyebab pencemaran air : limbah inistri, limbah rumah tangga dan limbah pertanian
- Dampak pencemaran air : penurunan kualitas lingkungan, gangguan kesehatan, pemekatan hayati,mengganggu pemanangan dan mempercepat proses kerusakan benda.
- Cara penanggulangan pencemaran air : pembuatan kolam stabilitas, IPAL (instansi pengolahan air limbah), pengolahan exreta.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah pembelajaran ini, peserta didik mampu:
- Memahami pengertian pencemaran lingkungan
- Memahami tentang pencemaran air
- Membuat gagasan tertulis tentang bagaimana mengatasi dan mengurangi pencemaran air
PROSES PEMBELAJARAN
- Guru menyapa dan membuka pembelajaran melalui video ke grup Whatshapp
- Absensi siswa dengan cara : Nama_kelas_apa yang kalian pikirkan atau apa yang kalian ketahui tentang pencemaran lingkungan
- Guru mengarahkan peserta didik untuk mengamati perbeaan kedua gambar
Gambar 1 : daun jatuh ke sungai. Daun tersebut akan terbawa air dan tidak menyebabkan bau. Sehingga air sungai tetap terjaga dan jernih.
Gambar 2 : seseorang yang membuang sampah ke sungai. Sampah yang di buang akan menghambat arus sungai dan dapat menyebabkan bau yang tidak sedap. Menyebabkan air menjadi keruh. Hal ini akan memengaruhi kehidupan makhluk hidup yang ada di sungai.
- Respon peserta didik :
- Guru menjelaskan tujuan dan proses pembelajaran
- Peserta didik menyimak video pembalajaran tentang pencemaran air. Dalam video akan menjelaskan tentang : pengertian, faktor penyebab, dampak dan cara penanggulangan dari pencemaran air
LINK : http://youtu.be/09VRbZDawa4
- Guru memberikan penugasan sebagai evaluasi dan penilaian
PENUGASAN
1. Tulis 5 hal yang kamu lakukan untuk mengatasi dan mengurangi pencemaran air di lingkungan sekitarmu
2. Dari lima hal tersebut. Foto/dokumentasikan salah satunya.
Jawaban dikirim ke WA pribadi guru untuk melakukan penilaian.
NIHLA (KELAS 7C)
WILYADHI (KELAS 7A)
Jumat, 03 April 2020
(Hariyati, S.P.d)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar